Jumat, 18 Januari 2013

Gua fatelasa, tello. Nias selatan

Gua fatelasa, adalah gua yang terletak di pulau tello, lokasinya tidak jauh dari desa baruyu lasara dan termasuk objek wisata bagi masyarakat pulau tello, gua ini sangat berbeda dengan gua yang sering kita jumpai di tempat lain, dimana berbentuk terowongan yang berhadapan langsung dengan lautan. Dinding gua ini terpentuk hasil sedimentasi dari air laut, gua fatelasa ada tiga, cuma yang dapat dikunjungi cuma satu. Kita dapat mengunjunginya dengan berjalan kaki melintasi pantai dengan pasir yang putih, serta pemandangan ombak yang dapat mencapai tinggi tiga meter. Kita juga dapat melihat pemandagan indah dari atas gua, dengan mandaki atas gua dengan bebatuan yang terjal, anak mungkin tidak dianjurkan untuk memanjatnya..
Gua fatelasa merupakan salah satu objek wisata di pulau tello, banyak orang berkunjung terutama pada hari libur. Gua fatelasa menyimpan keindahan yang sangat berbeda, dengan udara yang sangat sejuk, kita juga dapat melihat segerombolan burung walet yang bersarang alami di gua tersebut.

Semoga dapat menambah refrensi objek wisata anda, dan mengingatkan kembali bagi teman2 yang sudah lama meninggalkan pulau tello. Trims

Ya'ahowu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar